Ofice : Jl. Lintas Bima - Wera (Km 42) Desa Mawu Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima - NTB. Email : stkipdarulhusnabima@gmail.com

Kamis, 01 Desember 2011

= La Dimu =


    By. Uchu Mbojo

Suatu waktu dikala itu terdapatlah sebuah desa dengan penduduk sekitar 15 kk yang mayoritas penduduknya adalah Nelayan. terdapatlah La Dimu, anak seorang nalayan miskin yang tidak memiliki apa2 yang selanjutnya dipanggil Ama dimu dan Ina Dimu.
Tiba2 saja ada keinginan aneh yang terlontar dari mulut sang anak terhadap kedua orang tuanya ini :

La Dimu : Ama.....bagaimana pula yang ama rasakan ketika melihat ananda dalam keadaan yang kian terpuruknya seperti saat ini....?

 Ina Dimu : Apalah sebabnya Dimu berkata demikian......?

Ama Dimu : Mungkin Anak kita Dimu ini Ma' mau menyelesaikan usia mudanya.....alias mau kawin ma'......ihhh....huiii...kita punya menantu...(seraya ketawa kecil)

Ina Dimu  : Jangan bawa main2 Pa' mungkin anak kita mau bicara serius itu...!!! Lanjutkan dulu na' (sahutnya)

La Dimu : Ia...Ama, Ina.

Ama Dimu : Nah...benarkankan kata saya.....Asyik saya akan punya cucu....(masih saja ketawa kecil dan merasa bahagia)

La Dimu : Ia, Saya ingin segera punya pekerjaan yang tetap Ama....ina...., (lanjut La Dimu), Saya ingin punya perahu berlayar yang mampu membawa saya untuk mencari penghidupan di negeri seberang. Apakah permintaan madah ini mendapat restu dari ina dan ama....??? (tanya dimu penuh keyakinan dan keberanian)

Ama Dimu : Begini na' Dimu.....maafkan Ama sebelumnya. Ama tau apa yang hendak diperlukan dan menjadi kebutuhan na' Dimu saat ini, tapi na' dimu juga mengerti akan keadaan kita,. apa yang bisa Ama perbuat, Ama tidak memiliki apa2, harta benda tiada Ama miliki, kekayaan yang Ama miliki saat ini cuman 2 yaitu kamu dimu sebagai anak Ama dan Ibumu sebagai Istri Ama yang setia dari dulu hingga saat ini.

La Dimu : Madah Juga paham Ama kalau seperti itu, tapi mada yakin.....Ama masih memiliki kekayaan lain yang bisa Ama pergunakan untuk mengabulkan permintaan madah ini.

Ama Dimu : Sudah tidak ada lagi Ana'.....dimana kiranya Ama dapat menyembunyikan barang itu kalaupun besar dan akanlah hilang pula kekayaan yang Ama itu sembunyikan kalau sifatnya kecil. Lembo Ade Paja saramu ana'  kalaulah Ama belum dapat mengambulakan apa yang menjadi kehendak ana'.....!!!!^^^#!!!!(campur bingung dan lainsebaginya)

La Dimu : Madah masih yakin Ama memiliki kekayaan yang tak ternilai harganya selama Ama masih muda dan kuat dahulunya......!!!

Ama Dimu : Suarakanlah...na' kalau memang ada hal ganjil yang tiada diketahui oleh Ama saat ini....!!!)(&^%$#@%%$!@+bingung sambil berpikir.

La Dimu : Ada pernah Madah dengar, bahwa H. Kada itu pernah sebut2 nama Ama. diceritakan oleh orang bahwa Ama pernah berjasa menolong dia semasa muda dulu.

Ama Dimu : H. Kada.......be...si Ana...(H. Kada Mana Nak).....???

La Dimu : Yah....H. Kadafi.....Ama.....!!! Itu tuh.... yang ama pernah bantu saat dia dikejar2 masa saat "kalondon ana dou pais di londo iha labo re..." (mau membawa selarian anak orang), Ama ingat...tidak......???

Ama Dimu : Oooooooo.......000000ooooooooo......La Kada ede.....!!! (Si Kada itu...!!!) lantas dia sudah haji pula rupanya.....Ama masih ingat peristiwa itu......up.

Langsung dipotong sama La dimu suara amanya yang hendak mengingat kisah tempo doeloe....

La Dimu : Ama.......maksud madah thu.....Ama datangi dia...siapa tau dia bisa membantu Ama dalam keadaan seperti saat ini, mengingat madah betul2 membutuhkan perahu layar seperti saat ini.....!!! (dengan penuh pengharapan)

Ama Dimu : Aduhhhhh......na'......!!! betapapun kita dalam keadaan susah seperti ini tiadalah diperkenankan kita untuk menempatkan tangan dibawah seraya meminta belas kasihan dari saudara apalah lagi H. Kadafi itu cuman ama pernah bantu dia sekali itu saja,

 BERSAMBUNG

Catatan :
Ama = Ayah, Ina = Ibu, Madah = Saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar